Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Saat terserang penyakit tertentu, pasti segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari akan tersendat. Anda pun mesti menundanya selama beberapa waktu dan memulai kembali dari awal. Hal ini tentu terasa melelahkan.

Menjaga kesehatan perlu dilakukan bahkan sejak usia muda agar tak mudah sakit. Sistem imun orang yang masih muda biasanya kuat dan tahan banting, namun perlahan mulai terkikis saat memasuki usia 20-an. Puncaknya adalah ketika memasuki tahap lansia, saat kesehatan Anda menjadi lebih rapuh dibanding dahulu.

Sayang sekali apabila usia muda tidak dimaksimalkan untuk hal yang bermanfaat. Steve Harridge, profesor dari king’s College London, menyebut bahwa sejak lahir, manusia dituntut untuk terus melakukan aktivitas fisik.

“Menjadi pribadi yang pasif sebetulnya bertentangan dengan evolusi. Karena pada dasarnya, manusia dirancang untuk aktif secara fisik,” ujar Harridge.

Ingin tubuh tetap kuat dan tak mudah sakit di usia muda? Simak sederet tips sehat dari dr. Nadia Octavia, berikut adalah 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Usia Muda:

1. Hindari rokok

Jika Anda tidak merokok, maka Anda bisa terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Patut diketahui bahwa merokok akan memberikan dampak yang buruk buat organ pernapasan, terutama paru-paru.

2. Olahraga

Rutin berolahraga paling tidak 20-30 menit setiap harinya. Lakukan aktivitas fisik pada rutinitas harian Anda, misalnya pilihlah naik tangga ketimbang naik lift. Hal ini dilakukan demi menjaga kalori tubuh agar tetap terbakar dan Anda tidak menjadi pribadi yang pasif.

3. Monitor kondisi tubuh lewat sejumlah tes

Untuk kolesterol, lakukan pemeriksaan rutin dan jagalah pada level yang normal. Sementara, untuk tekanan darah, Anda dapat melakukan pengukuran secara rutin. Tindakan ini menjadi lebih wajib untuk dilakukan, terlebih lagi ketika Anda sudah memasuki usia di atas 18 tahun.

4. Menjaga asupan makanan

Banyak makanan enak, tapi tidak sedikit pula yang memberi efek negatif buat tubuh, seperti kolesterol tinggi, gula terlalu manis, dan lain-lain. Sebisa mungkin, konsumsilah makanan sehat dan rendah kolesterol seperti daging ikan, daging unggas tanpa kulit, olahan susu rendah lemak, sayur, buah-buahan, dan sejenisnya.

5. Jaga berat badan agar tetap ideal

Hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah kombinasi seperti diet sehat, olahraga dan mengatur asupan makanan. Salah satu dampak buruk dari berat badan yang tak terkontrol adalah obesitas, apalagi kondisi tersebut dapat memicu sejumlah penyakit seperti jantung koroner.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388