Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tiroid adalah kelenjar yang menjadi bagian dari sistem endokrin. Lokasinya ada di leher bagian depan. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang membantu mengoordinasikan banyak fungsi, sekaligus memengaruhi pertumbuhan dan metabolisme dalam tubuh.

Hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid berperan dalam perkembangan organ, seperti jantung, otak, serta fungsi reproduksi. Jumlah produksi hormon yang tepat, juga akan memberi efek positif untuk metabolisme kalsium pada tulang.

Karena satu dan lain hal, kelenjar tiroid dapat mengalami gangguan. Keadaan ini akan memberikan dampak negatif yang signifikan untuk tubuh. Berdasarkan pemaparan dr. Nadia Octavia, berikut penyakit yang berkaitan dengan masalah pada kelenjar tiroid:

  • Kekurangan hormon tiroid (hipotiroid)
  • Hormon tiroid berlebih (hipertiroid)
  • Kista duktus tiroglossus
  • Kanker tiroid, adenoma tiroid
  • Goiter alias gondok

Dari sekian gangguan di atas, hipotiroid menjadi kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Tiroid yang kurang aktif konon tidak cukup untuk memproduksi sejumlah hormon, sehingga membuat Anda merasa mudah lelah, depresi, serta kehilangan nafsu makan.

Makanan untuk penderita penyakit tiroid

Salah satu cara yang dapat membantu mencegah perburukan gejala pada penderita penyakit tiroid adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Dengan begitu, penderita tidak perlu mengambil dosis hormon tiroid sintetis yang lebih tinggi dan mengandalkan obat tersebut agar tiroid berfungsi dengan normal.

Dilansir dari Prevention, berikut adalah 3 Makanan yang Baik untuk Penderita Penyakit Tiroid:

1. Kacang brazil

Kacang ini mengandung selenium, kadar mineral yang memainkan peran penting dalam produksi hormon tiroid, juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

“Kondisi orang yang terkena penyakit hashimoto, dapat menyebabkan peningkatan peradangan. Kandungan selenium dalam kacang brazil dapat membantu menenangkan serta menekan efek negatif dari penyakit tersebut,” ujar spesialis endokrin dari AMITA Health Adventist Medical Center Hinsdale di Illinois, Amerika Serikat, Hong Lee.

2. Salmon

Beberapa temuan menunjukkan bahwa orang dengan penyakit hashimoto (tipe hipotiroidisme yang paling umum) memiliki tingkat vitamin D yang lebih rendah. Padahal, penderita penyakit tersebut membutuhkan vitamin D yang banyak.

“Antibodi mengaktifkan sistem kekebalan untuk menyerang jaringan tiroid, yang menciptakan peradangan dan membuat tiroid lebih sulit untuk melakukan tugasnya,” jelas salah satu penulis The Essential Thyroid Cookbook, Lisa Markley.

Untuk mencegah kondisi semakin memburuk, penderita penyakit tiroid dianjurkan mengonsumsi ikan salmon. Jika tidak terlalu suka ikan, asupan kaya vitamin D lain seperti jus jeruk, susu, dan telur dapat dijadikan alternatifnya. Pastikan konsumsinya disesuaikan dengan kebutuhan gizi sehari-hari.

3. Kacang putih

Kacang putih memiliki kandungan zat besi tinggi, yang sangat baik untuk penderita penyakit tiroid. Berdasarkan fakta, jika penderita penyakit tiroid kekurangan asupan zat besi, maka hal itu dapat mengganggu aktivitas enzim yang menghasilkan hormon tiroid.

source: klikdokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388