Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Penyebab bruntusan pada kulit yang mengalami bruntusan, baik kulit wajah maupun kulit di bagian tubuh lainnya, disebabkan oleh pemakaian produk makeup yang tidak benar, pun penyakit kulit lainnya.

Berikut adalah contoh penyebab bruntusan pada kulit:

1. Komedo

Adanya komedo terbuka dan komedo tertutup pada kulit menyebabkan permukaan kulit yang tidak rata alias beruntusan. Komedo disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, sering terpapar polusi udara, dll

2. Jerawat

Gejala jerawat bervariasi, dari adanya papula (bintik2 kemerahan pada kulit), pustula (bintik putih berisi nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai peradangan dan nyeri). Disebabkan karena wajah yang berminyak, banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bakteri penyebab jerawat (P.Acne) dalam jumlah banyak.

3. Milia

Milia adalah bintik kecil putih pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh keratin kulit yang terperangkap di dalam fokikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit. Bisa pada bayi, anak kecil dan dewasa. Tidak Berbahaya. Biasanya tidak ada gejala, tidak gatal. Bisa hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Inilah Penyebab Jantung Berdebar saat Bangun Tidur

4. Kutil Kulit

Kutil kulit atau disebut juga dengan verruca adalah disebabkan karena human papilloma virus. Menyebabnya bintik2 kecil pada kulit. Bisa berwarna seperti kulit, cokelat atau kehitaman.

5. Eksim

Eksim ditandai dengan adanya ruam kemerahan yang menyebabkan beruntusan pada kulit. Ada beberapa jenis eksim, yang paling sering adalah eksim atopik, eksim seborhoik, eksim kontak dengan paparan alergen. Eksim juga disertai dengan kulit yang bersisik dan gatal.

6. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut, biasanya pada daerah kulit yang berambut seperti pada wajah, janggut, ketiak dan area kemaluan. Sering dipicu karena habis bercukur. Berupa bintik2 kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit seperti beruntusan.

7. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris atau chicken skin adalah penyakit yang umum terjadi. Dapat merupakan tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa pada anak-anak maupun dewasa.

Gejala KP adalah bintik2 berwarna seperti kulit, pada sebagian kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini seringkali berkelompok dan memberikan sensasi perabaan kasar seperti kulit ayam.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388