Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Kandungan Nutrisi Buah Naga Yang Sehat Bagi Tubuh

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, Ya.. buah Naga. Selain rasanya yang enak buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah 5 Kandungan Nutrisi Buah Naga Yang Sehat Bagi Tubuh:

1. Meningkatkan zat besi

Buah naga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan memecah makanan menjadi energi.

2. Tinggi nutrisi

Buah naga adalah buah rendah kalori yang mengandung vitamin dan mineral, dan juga mengandung serat tinggi.

Dalam satu porsi saji buah naga yang setara dengan 227 gram, mengandung:

– Kalori : 136
– Protein : 3 gram
– Lemak : 0 gram
– Karbohidrat : 29 gram
– Serat : 7 gram
– Besi : 8 persen dalam RDI (The Reference Daily Intake)
– Vitamin C : 9 persen dalam RDI (The Reference Daily Intake)
– Vitamin E : 4 persen dalam RDI (The Reference Daily Intake)

Buah naga juga mengandung senyawa bermanfaat seperti polifenol, karoten, dan betacyanin

3. Tinggi serat

Direkomendasikan pada wanita untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari, sedangkan untuk pria sekitar 38 gram. Selain baik untuk pencernaan, serat juga berperan dalam melindungi jantung terhadap penyakit, mengelola diabetes, dan mempertahankan berat badan.

Dalam satu porsi sajian buah naga bisa menambah asupan serat sebanyak 7 gram. Kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat membantu kita memenuhi nilai serat harian yang disarankan.

4. Menyehatkan usus

Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun beragam mikroorganisme, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti mengatakan bahwa mikroorganisme ini dapat memengaruhi kesehatan.

Pentingnya untuk mengonsumsi buah naga yang kaya akan prebiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus.

Buah naga membantu perkembangan bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Ini karena prebiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, yang menurut para peneliti dapat mengalahkan bakteri jahat.

5. Memperkuat kekebalan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya kualitas makanan. Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga disebut-sebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Maka banyak-banyaklah makan buah naga.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388