Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Penyebab utama penyakit asam urat adalah peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh, atau bahasa medisnya adalah hiperuresemia. Dan asupan makanan yang tinggi purin, yaitu bahan pembentuk asam urat, merupakan faktor utama penyebab penyakit ini.

Ketika mengonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi, tubuh akan menghasilkan asam urat agar kandungan purin tersebut dapat dibuang keluar dari tubuh. Purin di dalam tubuh akan dibuang dalam bentuk asam urat melalui urine.

Apabila jumlahnya berlebihan, maka tubuh akan kesulitan untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh. Dan jika kadar purin semakin menumpuk, maka akan terbentuk kristal natrium urat di persendian.

Untuk menghindari menumpuknya kadar purin di dalam tubuh, batasi asupan makanan yang mengandung purin sebanyak 115–170 gram dalam seminggu.

Berikut ini adalah 7 Makanan Ini Picu Asam Urat yang dapat memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh:

1. Kacang kedelai

Produk kacang kedelai seperti tofu, tempe, dan susu kedelai tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi karena mengandung protein tinggi. Semakin tinggi kadar protein yang masuk ke dalam tubuh, maka kandungan asam urat yang berada di dalam tubuh pun akan meningkat.

2. Jeroan

Jeroan seperti hati, ginjal, babat, rempela, serta kikil memiliki kandungan purin yang tinggi.

3. Daging merah

Jenis daging yang banyak mengandung purin adalah daging merah. Saat daging merah masuk ke dalam tubuh dan dicerna ke dalam saluran pencernanan, enzim pencernaan akan memecah protein pada daging ke dalam bentuk asam amino.

4. Seafood

Makanan laut seperti kerang, udang, atau lobster merupakan kelompok dengan kandungan purin tinggi. Jika Anda rutin mengonsumsi seafood dua kali dalam seminggu, maka risiko Anda mengalami peningkatan asam urat adalah sebanyak 7%.

5. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, sarden termasuk kelompok yang memiliki kandungan purin sedang. Makanan ini masih boleh dikonsumsi asal asupannya dibatasi.

6. Asparagus

Asparagus termasuk ke dalam kelompok yang memiliki kandungan purin tinggi yaitu, sebanyak 150 mg.

7. Daging ayam

Dada ayam beserta kulitnya termasuk ke dalam kelompok dengan kandungan purin tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan akan memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh, karena kandungan zat purinnya berjumlah 175 mg/100 gram.

Sepertinyanya sulit untuk menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas. Jangan khawatir, Anda tentu dapat tetap mengonsumsinya asal asupannya dibatasi. Beberapa jenis makanan yang dikenal tinggi purin seperti ikan salmon dan tuna memiliki kandungan omega-3 yang dibutuhkan tubuh. Dan ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388