Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Gusi bengkak adalah masalah gangguan mulut yang sering dialami oleh sebagian orang selain gigi berlubang. Gusi bengkak adalah kondisi terjadinya pembengkakan pada gusi. Ada beberapa kasus, gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Karena gusi yang membengkak ini, pipi jadi terlihat menonjol.

Gusi yang bengkak tidak bisa diremehkan, terasa menyakitkan dan bikin badmood. Gusi yang bermasalah, kalau dipakai mengunyah rasanya tuh sakit banget. Nafsu makan jadi terganggu, terpaksa makan bubur atau makanan yang lembut. Kepala bisa terasa berdenyut-denyut dan sakit.

Apa yang Jadi Penyebab Gusi Bengkak?

1. Menumpuknya Karang atau Plang di Gigi

Pada umumnya, gusi bengkak disebabkan karena plak (sisa-sisa dari makanan yang lama tertinggal dan tidak segera dibersihkan. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi yang akan mengakibatkan gusi membengkak. Air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan tadi jadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

2. Terjangkit Virus atau Jamur

Saat Anda tidak menjaga kebersihan dari apa yang Anda makan, mungkin juga Anda akan memasukkan virus atau jamur ke dalam mulutmu dan menyebabkan gusi dan gigi bengkak.

3. Gigi yang berlubang

Pada Gigi yang berlubang karena kuman dapat juga merambah hingga gusi dan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

4. Gingivitis

Gingivitis adalah menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama yang akan menyebabkan inflamasi. Gingivitis juga adalah penyakit pada gusi.

5. Pemasangan Aksesori yang Tidak Pas (Tidak Nyaman) pada Gigi

Pemasangan gigi palsu atau behel yang tidak sesuai (tidak nyaman) pada gusi,juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Jika Anda mengalami gusi bengkak dan ingin segera sembuh, cobalah cara mengobati gusi bengkak sendiri yang aman dan efektif.

Berikut adalah Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami:

1. Lemon

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar ph dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Caranya:

Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

2. Jeruk nipis

Sama seperti dengan buah lemon, jeruk nipis juga mampu untuk membasmi bakteri dalam mulut agar kesehatan mulut terjaga.

Caranya:

Siapkan 2 buah jeruk nipis. Potong dan peras 2 buah jeruk nipis tersebut Campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mengandung rasa asam yang berguna sebagai antibakteri yang efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda.

Caranya:

Siapkan 2 buah biji belimbing wuluh yang belum matang. Lalu tumbuk 2 biji belimbing wuluh tersebut hingga halus. Oleskan hasil tumbukan belimbing wuluh ini pada bagian gigi yang sakit.

4. Daun Jambu biji

Ternyata Daun jambu biji juga berguna sebagai antibakteri yang mampu untuk menjaga kesehatan mulut. Juga efektif untuk mengempeskan gusi yang bengkak. Sebab di dalamnya mengandung antibakteri, anti inflamasi, dan analgesi.

Caranya:

Ambil jambu biji, kemudian kunyahlah. Atau rebuslah daun jambu biji dengan segelas air, lalu gunakanlah untuk berkumur.

5. Bawang merah

Pada Bawang merah terkandung antiseptic alami yang efektif untuk membunuh kuman.

Caranya:

Siapkan 1 siung bawang merah, tumbuk halus 1 siung bawang merah dan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Bawang putih

Bawang putih berfungsi sama seperti bawang merah bermanfaat sebagai antiseptic alami.

Caranya:

Siapkan 1 siung bawang putih dan sdt garam. Campur ke dua bahan tersebut, lalu tumbuk halus. Tempelkan hasil tumbukan pada gigi yang sakit.

7. Asam jawa

Salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami, yaitu asam jawa.

Caranya:

Siapkan biji asam jawa, lalu sangrai, tempelkan hasil sangrai pada gigi yang sakit

8. Cengkeh

Salah satu dari bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak adalah cengkeh.

Caranya:

Siapkan daun cengkeh, lalu tumbuk halus. Kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

9. Merica

Merica juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak, karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti.

Caranya:

Campurlah merica dan garam, lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada gigi yang sakit

10. Serai

Cara mengobati gusi bengkak yang lainnya adalah menggunakan serai.

Caranya:

Siapkan 2 tangkai serai dan segelas air, lalu rebus. Biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian setelah dingin, gunakan untuk berkumur.

11. Jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi untuk memberangus bakteri dalam mulut.

Caranya:

Siapkan 1 buah jahe, kupas kulitnya. Lalu parut dan peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

12. Getah jarak

Pada getah jarak terkandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi.

Caranya:

teteskan getah jarak pada bagian gigi yang sakit.

13. Garam

Garam sudah menjadi rahasia umum dan biasa digunakan untuk masalah kesehatan pada gigi. Anda dapat menggunakan Garam sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Kadar Sodiumnya yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam mampu dimanfaatkan sebagai antiseptic alami untuk menghilangkan bau dan menjaga kesehatan pada mulutmu.

Caranya:

Campurkan 2 sdm garam dan segelas air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah dengan cairan ini, setiap kali selesai menyikat gigi agar dapat membasmi bakteri sampai bersih.

14. Air kelapa

Air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai antiseptic alami.

Caranya:

Siapkan air kelapa alami, lalu berkumurlah dengan menggunakan air kelapa, sesudah menggosok gigi. Bila Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengobati gusi bengkak secara alami dan dengan cepat di atas, namun gusi Anda masih belum juga membaik, segera lah berobat ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang serius dan tepat.

source: vemale

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388