Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Gejala – Gejala kanker prostat, kanker ini menempati urutan ketiga kanker yang paling banyak diidap pria setelah kanker paru dan usus besar. Hampir seperti semua kanker, kanker prostat juga bisa tak bergejala, bahkan gejalanya kadang mirip dengan penyakit keseharian.

Seperti dituturkan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASM, FACP, kanker prostat biasanya ditandai dengan kesulitan buang air kecil, hilangnya kontrol air kencing, buang air menjadi lebih sering, ada darah di urine dan nyeri di bagian pinggung, punggung, atau dada (apabila sudah menyebar).

Baca juga: Akibat Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

“Banyak pasien yang datang dan mengeluh soal tulang, dan ternyata dia kanker prostat. Nyeri tulang sakit sekali nggak ilang-ilang, ternyata dari prostat. Jangan jadi udah biasa (sakit punggung),” katanya saat ditemui di kantor YKI Menteng, Kamis (24/9/2019).

Selain itu, tak semua prostat membengkak. Salah satu cara untuk menangani kanker prostat stadium lanjut kini tak lagi harus membuang bagian testis (kastrasi), namun hanya dilakukan dengan teknik kimiawi dengan menyuntikkan obat. Efek sampingnya prostat masih akan bisa berfungsi namun kemungkinan libido bisa menurun.

dr Aru menyebutkan, meskipun kanker ini lebih banyak ditemukan pada orang berusia lanjut atau di atas 55 tahun, namun kita bisa memgendalikan faktor risikonya sejak usia muda agar mencegah terjadinya kanker.

Baca juga: Penjelasan Pisang Tidak Baik Untuk Sarapan Pagi

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388