Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Setelah kanker serviks , kanker payudara menjadi salah satu penyakit paling mematikan dan menakutkan bagi wanita di seluruh dunia. Kanker payudara bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jika dulu kanker payudara lebih berisiko pada wanita usia di atas 40 tahun, kini kanker payudara bisa menyerang wanita yang masih berusia muda di bawah 20 tahun.

Gaya hidup, faktor genetik, faktor lingkungan dan makanan serta perubahan hormon menjadi pemicu utama munculnya risiko ini ke tubuh seorang wanita. Tak hanya wanita, beberapa pria juga rentan terhadap risiko kanker payudara.

Untuk mencegah risiko kanker payudara, selain menerapkan pola hidup sehat, penting juga untuk memeriksa dan mengenali gejala kanker payudara sejak sedini mungkin, seperti yang dilansir dari laman prevention.com, berikut adalah 5 Gejala Kanker Payudara:

1. Rasa Nyeri di Bagian Tertentu Payudara

Jika kamu merasa nyeri di payudara, kamu sangat perlu berhati-hati. Nyeri ini bisa diidentifikasi sebagai gejala awal dari kanker payudara. Namun, jika nyeri terasa di saat siklus menstruasi berlangsung, ini merupakan hal yang wajar. Tapi, jika rasa sakit itu sudah keterlaluan atau berlebihan, kamu harus tetap waspada dan melakukan pemeriksaan.

2. Benjolan di Payudara

Umumnya, penderita kanker payudara mengalami benjolan di payudara atau sekitarnya. Benjolan muncul akibat adanya sel kanker atau tumor yang tumbuh. Meski benjolan ini terkadang tidak sakit, jika kamu mengalaminya kamu perlu waspada dan melakukan pemeriksaan lanjutan. Benjolan sendiri akan terasa lebih keras dan sakit ketika masa pre-menstruasi.

3. Warna Kulit Payudara Berubah

Selain benjolan, gejala kanker payudara bisa dilihat dari warna kulit payudara. Ketika warna kulit payudara berubah, kemerahan, seperti terkena infeksi dan teksturnya kasar seperti kulit jeruk, ini bisa menjadi gejala dari kanker payudara. Area payudara yang keriput, berlekuk-lekuk dan seperti ada penebalan pada kulit payudara, ini juga bisa menjadi gejala dari kanker payudara. Meski begitu, untuk beberapa tipe kanker payudara, perubahan pada kulit payudara ini tidak terjadi.

4. Puting Sakit & Keluar Cairan

Pernah mendapati puting sakit dan keluar cairan padahal tidak sedang menyusui? Ini bisa dikatakan sebagai gejala dari risiko kanker payudara. Selain puting sakit, puting yang masuk ke dalam atau puting yang berubah ukuran serta warna, kemungkinan besar juga menandakan bahwa pemiliknya berisiko terserang kanker payudara.

5. Muncul Benjolan di Ketiak

Selain benjolan di payudara, adanya benjolan di ketiak juga mengindikasi adanya risiko kanker payudara. Jaringan payudara yang meluas hingga ketiak membuat kanker bisa menyebar ke area ini lebih cepat dari yang pernah kita bayangkan.

souce: vemale.com

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388