Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
merokok

Apakah Efek Merokok Pada Kulit? Berikut Penjelasannya

Merokok bisa jadi penyebab penuaan dini atau terlihat lebih tua dari umur aslinya, salah satunya ialah kulit yang kendur. Merokok juga memberikan dampak pada paru-paru (sistem pernafasan), kulit, gigi, dan juga rambut.

Berikut adalah dampak merokok pada penampilan:

  • Perubahan warna kulit

    Merokok dapat menyebabkan kulit kehilangan oksigen dan nutrisinya. Pada beberapa orang perokok memiliki kulit yang pucat atau warna kulit yang tidak merata.

  • Kulit kendur

    Banyak bahan kimia dalam asap rokok memicu kulit kehilangan kolagen dan elastisitas kulit. Hal ini menyebabkan terjadinya kulit kendur dan kerutan yang lebih dalam.

  • Lengan dan payudara menjadi kendur

    Merokok tidak hanya merusak penampilan pada wajah, namun juga dapat mengurangi  kekencangan di bagian lain. Salah satu organ yang kehilangan elastisitas dan kekencangan adalah lengan bagian dalam dan payudara.

  • Terdapat garis pada sekitar bibir

    Perokok sering menggunakan otot tertentu disekitar bibir sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian bibir seperti garis-garis dalam disekitar bibir.

  • Terdapat bintik hitam

    Bintik hitam adalah bercak pada kulit wajah atau tangan yang berwarna lebih gelap. Bintik hitam umumnya muncul karena terlalu sering berada di bawah sinar matahari. Menurut penelitian, perokok lebih rentan mengalami kondisi ini.

  • Kerusakan gigi dan gusi

    Gigi yang berubah warna menjadi kuning merupakan salah satu efek yang dialami oleh perokok pada jangka panjang. Selain karena kerusakan gigi, orang cenderung mengalami gangguan pada gusi, bau mulut, dan masalah kebersihan mulut yang lain.

  • Kerusakan pada kuku pada jari tangan dan kulit tangan

    Tembakau dapat menyebabkan kulit dan kuku mengalami kerusakan atau perubahan warna seperti menguning.

  • Kehilangan rambut

    Pria dan wanita memiliki resiko untuk kehilangan rambut atau mengalami kebotakan seiring dengan bertambahnya usia, namun merokok dapat mempercepat proses terjadinya kebotakan. Menurut penelitian, faktor resiko kebotakan dapat meningkat pada pria yang merokok.

  • Katarak

    Merokok dapat menyebabkan seseorang memiliki resiko mengalami katarak.

  • Penebalan kulit

    Psoriasis atau kondisi kronis yang menyebabkan terjadinya penebalan dan sisik pada kulit lutut, siku, kulit kepala, tangan, kaki, atau punggung. Penebalan dapat menyebabkan warna putih, merah, atau perak. Penelitian memiliki resiko lebih besar untuk mengalami psoriasis.

  • Terjadi keriput pada sekitar mata

    Setiap orang akan mengalami keriput pada sekitar mata seiring dengan bertambahnya usia, namun asap rokok dapat mempercepat proses itu.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388