Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan!

Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan bila sudah matang, dengan bentuk buah yang banyak digemari orang. Buah belimbing rasanya sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan.

Belimbing juga menjadi salah satu buah kaya manfaat, sekitar 100 gram buah belimbing, menyediakan 31 kalori yang jauh lebih rendah dari pada buah tropis lainnya, sejumlah nutrisi penting yang terkandung dalam Belimbing seperti antioksi dan vitamin juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 6 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan :

1. Menyehatkan Pencernaan

Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.

2. Mengurangi Kadar kolesterol jahat

Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.

4. Mengatasi Gangguan Ginjal

Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing dapat dikonsumsi karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

5. Meningkatkan Kerja Enzim

Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

6. Kaya Antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi dari, dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388