Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Makanan dan Buah-Buahan yang bisa Turunkan Tekanan Darah

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang bisa kita konsumsi jika memang ingin menurunkan tekanan darah. Berikut adalah makanan dan buah-buahan yang bisa turunkan tekanan darah tersebut.

  1. Pisang

Dikenal sebagai salah satu buah dengan rasa yang manis dan cocok untuk program diet, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium di dalamnya yang sangat tinggi yang bisa mengendalikan kadar natrium di dalam pembuluh darah. Imbasnya adalah tekanan darah yang menurun dengan signifikan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kale, dan sejenisnya juga tinggi kandungan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah. Jika kita makan bayam sebanyak secangkir saja, maka sudah bisa memenuhi 24 persen kebutuhan kalium harian. Hal ini tentu akan berimbas positif pada menurunnya tekanan darah.

Hanya saja, pastikan bahwa sayuran yang dikonsumsi adalah sayuran segar, bukannya sayuran kalengan.

Baca juga: Efek Minum Susu Berlebihan

  1. Yoghurt

Sebagaimana pisang, yoghurt juga dikenal sebagai makanan untuk diet. Tak disangka, produk olahan susu yang difermentasi ini bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh kadar kalsium di dalamnya yang sangat tinggi. Sebagaimana kalium, kalsium juga telah terbukti bisa menurunkan risiko hipertensi.

  1. Susu Skim

Susu skim atau rendah lemak terbukti bisa membantu menurukan tekanan darah lebih efektif dibandingkan dengan susu jenis lain.

  1. Kentang

Kentang juga tinggi kandungan kalium dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya kita mengonsumsi kentang rebus atau kentang panggang yang lebih sehat.

  1. Jambu Biji

Di dalam jambu biji ternyata juga tinggi kandungan vitamin C. Bahkan, jumlahnya ternyata bisa dua kali lipat dibandingkan dengan yang ada di dalam jeruk. Kadar kalori jambu biji juga sangat rendah, yakni sekitar 37 kalori namun kadar seratnya sangatlah tinggi, yakni sekitar 12 persen dari asupan harian. Mengonsumsinya tentu akan membuat kita merasa kenyang, membantu menjaga berat badan, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

itulah beberapa makanan dan buah-buahan yang bisa turunkan tekanan darah, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388