Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Mandi malam picu serangan jantung. ‘Jangan mandi malam, nanti kena serangan jantung!’ Kalimat ini yang sering kita dengar dari orangtua kita atau orang lain. Padahal serangan jantung itu bukan penyakit yang bisa tiba-tiba terjadi. Ada banyak faktor risiko yang melatarbelakanginya. Di bawah ini penjelasan dari dokter spesialis jantung.

“Jadi kalau serangan jantung itu berhubungan dengan pembuluh darah koroner. Kalau misalnya ada plak di situ, bisa terjadi sumbatan atau gumpalan darah di pembuluh darah koroner. Jadi darah yang biasanya mengalir ke jantung tapi tiba-tiba ada plak, jaringan jantungnya akan mati,” sebut spesialis jantung dari RS Harapan Kita, dr Dony Yugo Hermanto, SpJP.

Baca juga: Bahaya Dari Tidak Tidur Dalam 24 Jam

Adanya plak pada jantung bisa jadi karena penumpukan lemak yang mengeras sehingga pembuluh darah menyempit yang menyebabkan aliran darah terganggu sehingga jantung tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya.

Selain itu, penyempitan pembuluh darah disebabkan karena kolesterol tinggi, hipertensi, merokok, kegemukan, hingga diabetes, bukan karena mandi di malam hari.

“Jadi bisa dipastikan mandi malam bikin serangan jantung itu mitos ya,” pungkasnya.

Itulah penjelasan tentang mandi malam picu serangan jantung yang diterangkan oleh dokter spesialis jantung langsung. Semoga bermanfaat informasinya.

Baca juga: Hindarilah Makanan Ini Jika Kamu Ingin Tidur Nyenyak

 

Source: health.detik.com

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388