Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
kesehatan

Kungfu baik untuk kesehatan

 

Kesehatan tentunya adalah sebuah kebutuhan kita sebagai makhluk hidup yang bernafas. Dengan kondisi sehat, kita bisa melakukan segala pekerjaan dengan lancar. Kesehatan bisa terwujud kita bisa menyeimbangkan kegiatan dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan bergizi. Namun, di zaman sekarang ini banyak orang yang mulai meremehkan pola hidup sehat karena alasan padatnya aktivitas.

 

Kungfu efektif untuk menjaga kesehatan

 

Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga, mislanya seperti kungfu. Beladiri asal Tiongkok ini tak hanya sebagai ilmu beladiri dan juga bisa membentuk kesehatan secara fisik dan mental. Kungfu memiliki makna yang cukup luas, sesuatu yang tersedia dalam jangka waktu yang lama dan bila dilakukan dengan ketekunan penuh. Memang betul, karena dalam belajar kungfu kita tidak bisa instan untuk naik level. Dalam kungfu, kita tidak hanya dilatih untuk bergerak, tapi juga penghayatan tentang filosofi tiap gerakannya.

 

Budaya timur menganggap kungfu adalah bela diri yang lengkap

 

Budaya Timur menganggap kungfu adalah sebuah seni bela diri yang lengkap karena mendorong kita untuk menyelaraskan pikiran dengan teknik yang dilakukan. Ya aliran kungfu yang tersebar di berbagai tempat dunia ini mulai dari Shaolin. Namun, ada pula yang lain dari Bu Tong (Wu Dang), Hoa San, dan lainnya.

 

Kungfu sangat berguna untuk menjaga kesehatan

 

Kungfu Shaolin adalah hasil dari pemikiran Buddha, semangat Semangat kungfu Shaolin adalah kasih sayang, harmoni, kerja keras, toleransi, dan agresif. Selain untuk membaptis diri, kungfu Shaolin juga untuk meningkatkan kesehatan dan semangat. Dengan demikian, lebih jelas kan kalau kungfu sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

 

Filosofi dari seni bela diri kungfu

 

Filosofi dari seni bela diri ini adalah hukum alam semesta demi mencapai kesehatan dan kondisi tubuh yang harmonis. Harmonis di sini juga berarti menyeimbangkan antara Yin dan Yang. Yin dan Yang adalah simbol dari Cina yang menggambarkan keseimbangan antara hawa positif dan hawa negatif. Pada titik, Yin dan Yang bertolak belakang, namun kedua berasal dari alam, saling tergantung dan hidup berdampingan. Keseimbangan antara Yin dan Yang adalah hal yang penting. Oleh karena itu semarang bela diri kungfu menggunakan simbol Yin dan Yang.

 

Kungfu bisa menyehatkan syaraf-syaraf yang ada di seluruh tubuh

 

Dengan berlatih kungfu kita bisa menyehatkan syaraf-syaraf yang ada di seluruh tubuh. Kungfu tak hanya sekedar jurus atau teknik bela diri, tapi juga latihan latihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran. Kungfu menggunakan teknik pernafasan dengan meditasi.

 

Meditasi adalah proses rileksasi

 

Meditasi adalah proses rileksasi dengan melakukan pengosongan terhadap segala hal yang membebani, menyenangkan, dalam kehidupan kehidupan sehari-hari. Meditasi adalah proses di mana kita mengomandokan semua organ tubuh kita untuk serileks mungkin.

 

Salah satu manfaat meditasi adalah untuk kesehatan otak

 

Orang yang sering melakukan meditasi dapat terhindar dari resiko penyusutan otak dan penuaan. Fungsi tubuh akan bisa dipilih dengan meditasi.

 

Salah satu jenis meditasi adalah meditasi chikung yang berputar tiga kekuatan energi

 

meditasi chikung yang berputar tiga kekuatan energi, darah, dan tubuh. Dengan demikian tubuh tidak mudah diserang berbagai penyakit. Meditasi ini membawa kita ke keheningan, lalu buat semua aliran tubuh menjadi lancar dan kesehatan menjadi lebih optimal.

 

Chi Kung seringkali diterjemahkan sebagai ‘Ilmu Pernapasan

 

Secara sederhana Chi Kung seringkali diterjemahkan sebagai ‘Ilmu Pernapasan’. Ini karena napas merupakan salah satu unsur yang utama dalam berlatih Chi Kung. Dengan perantaraan napaslah tubuh menghisap Chi dari udara / alam.

 

Chi Kung bisa membangkitkan energi yang tidak hanya dihasilkan oleh otot

 

Tetapi ada juga yang menyebutnya ‘Ilmu Tenaga Dalam’. Ini karena Chi Kung bisa membangkitkan energi yang tidak hanya dihasilkan oleh otot, sebuah energi misterius yang memancar dari dalam tubuh.

 

Cara melakukan meditasi chikung

 

Cara melakukan meditasi ini cukup dengan melakukan pernafasan dari hidung lalu penuh. Saat bernafas tersebut, energi alam semesta akan terserap dan energi yang tersimpan dan disalurkan ke bagian organ tubuh yang sakit. Selain kesehatan, chikung juga bisa membuat diri anda lebih dekat dengan Tuhan.

 

Kerendahan Hati Para Pendekar Kungfu

 

Shaolin Kung Fu yang didatangkan oleh Ancol Beach City dari Cina

kesehatan

SALAH satu anggota Shaolin Kung Fu menampilkan gerakan yang mengundang decak kagum

Shaolin Kung Fu yang didatangkan oleh Ancol Beach City dari Cina, sejak seminggu lalu mempertunjukan kemampuannya melakaukan atraksi menakjubkan di depan ribuan penonton. Namun, para pemain Shaolin Kung Fu tetap rendah hati, dengan mengatakan ilmu yang dimilikinya hanya untuk kesehatan.

 

Kung Fu atau Wushu diciptakan sebagai sarana kesehatan

 

“Belajar Kung Fu atau Wushu bukan berarti hanya sebagai ilmu beladiri atau kekerasan. Kung Fu atau Wushu diciptakan sebagai sarana kesehatan. Gerakan Kung Fu membuat semuat tubuh kita bergerak dari tangan, kaki sampai kepala. Jadi berlatih Kung Fu atau Wushu bukan untuk kekerasan atau kejahatan,” kata Peng Bo salah satu pemain Shaolin Kung Fusaat ditemui di Ancol Beach City Jakarta.

 

Peng Bo mengungkapkan, selama berlatih Kung Fu semua murid belajar di asrama. Penggemblengan tidak sekadar pada fisik. Ada latihan mental untuk bersabar. Ada juga pelatihan menjadi orang semakin baik. Jadi jauh dari kesan kekerasan.

 

“Belajar Kung Fu untuk kesahatan itu pasti. Murid Shaolin Kung Fu jadi kuat dan sehat. Mereka jarang sakit. Untiknya, gerakan-gerakan Kung Fu banyak mengambil istilah binatang, seperti naga, ular, kera, macan, kodok, hingga belalang. Setelah belajar Kung Fu, murid pun tidak sombong,” tuturnya.(Mun/A-147)***

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388