Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Mengatasi Ngantuk

Tips Mengatasi Ngantuk Secara Alami pada Saat Kerja

Apakah Anda pernah tertidur di tempat kerja? Apakah anda bisa  mengatasi ngantuk pada saat kerja.

Jika hal ini Anda, atau jika tiba-tiba atasan Anda memergoki Anda. Jangan salahkan jika atasan Anda meminta Anda.

Apakah kopi itu solusi satu-satunya untuk mengatasi Ngantuk. Saat bekerja? Ternyata tidak bagi yang tidak suka kopi. atau tak bisa minum kopi untuk bisa tetap terjaga. Lakukan langkah mudah dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit. Tindakan ini memiliki efek yang sama dengan minum secangkir kopi.

Minuman berkafein memang bisa menambah rasa kantuk. Namun Anda patut mencaspadai efek sampingnya. Mulai dari memangkas waktu tidur, makan siklus dan turun kualitas tidur anda.

Lalu, bagaimana cara agar anda bisa mengatasi Ngantuk secara alami? Berikut penjelasannya :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan

Dalam sebuah studi populer. Robert Thayer PhD. Seorang profesor di Universitas Negeri California, Long Beach. Sedang melakukan sesuatu yang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit.

Meski mengunyah permen meningkatkan energi. Satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi ke dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Jika Anda bekerja di meja. Sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan

Nongkrong di depan komputer selama berjam jam bisa menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

3. Pilih cemilan yang sehat

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti :

Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri.

Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar.

wortel bayi dengan saus krim keju rendah lemak.

Baca juga:  Manfaat Air Lemon Hangat Pada Pagi Hari

4 . Ngobrol dengan rekan kerja

Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. “Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama ini akan menjadi perangsang yang kuat mengenai pembicaraan tentang politik.” Kata Krakow, Direktur Medis dari Maimonides Seni Tidur dan Ilmu Pengetahuan, di Albuquerque.

5. Bikin ruang kerja lebih terang

Lingkungan dengan terang redup. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengatasi ngantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Tarik nafas dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, tekanan darah tinggi, dan peningkatan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda bisa di meja Anda. Duduk tegak, coba latihan ini sampai 10 kali :

Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda. Tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak. Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda bisa menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mengusir udara keluar.

Teknik lain disebut dengan napas. Digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Apakah teknik ini bisa berjalan dengan cepat. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda bisa sampai 15 detik untuk pertama kali. Dan untuk berbagi lima kali lipat setiap kali mencari satu menit.

7. Menepilah saat mengantuk saat mengemudi

“Mengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol.” kata Siebern Triknya. Anda bisa buka jendela dan. “Gantikan posisi anda yang sedang tidur dengan orang lain. Atau menepilah dan tidur sampai kantuknya hilang,” kata Siebern.

Jika Anda berada dalam perjalanan panjang. Gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti menekan setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan udara segar.

8. Alihkan tugas untuk membangkitkan pikiran

Pada tahun 2004, peneliti Finlandia memanfaatkan orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik saat Anda merasa mengantuk.

9. Minum air

Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak udara dan makan makanan yang mengandung kadar tinggi. Seperti buah dan sayuran.

Baca Juga: Hindari Stress Dengan Rutin Minum Air Putih.

10. Tidur siang ngantuk ngalam

Menurut Barry Krakow, (MD), penulis Suara Tidur. Sound Mind: Tujuh Kunci Tidur Sepanjang Malam. ada dua hal yang butuh penglihatan tentang tidur siang: jangan tidur siang lebih dari satu, atau tempat tidur. “Tidurlah antara 5 sampai 25 menit,” kata Barry.

Waktu tidur pagi pagi enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek.

Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Beberapa perusahaan menyediakan kamar tidur bagi karyawan. Atau anda bisa melatih selama liburan dengan jam alarm untuk memastikan anda bangun tepat waktu.

“Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih.” Kata Allison T. Siebern, PhD, dari Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

11. Udara siang

Cobalah untuk menghabiskan 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli beres untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus kembali.

12. Olahraga

Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang. Para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan obat di siang hari banyak mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk. Pastikan untuk menyelesaikan latihan beberapa jam sebelum waktunya tidur Anda mengantuk saat mencoba tidur.

Source : Berbagai Sumber

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - Klinik Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 2243 4388